• MTS NEGERI 1 TASIKMALAYA
  • BERAKHLAKUL KARIMAH, UNGGUL DALAM PRESTASI

KEAMANAN/PROTEKSI DATA

Dalam upaya pengamanan data diperlukan berbagai teknik untuk melindunginya. Kita biasanya melindungi sebuah data dengan menggunakan Password. Password tersebut tidak cukup hanya berupa kata yang jelas atau Plain text, tetapi password tersebut juga harus di enkrip menjadi kata acak atau Cipher text. Kriptografi adalah studi teknik yang berkaitan dengan aspek keamanan Informasi. Dalam Kriptografi ada istilah Enkripsi dan Dekripsi.

Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Keamanan Informasi yang dimaksud diatas yaitu meliputi :

  • Kerahasiaan : menjamin bahwa data hanya bisa diakses oleh pihak tertntu saja
  • Otentifikasi : informasi harus diidentifikasi untuk memastikan keasliannya
  • Integritas : menjamin setiap pesan harus sampai ke penerima
  • Nirpenyangkalan : mencegah pengingkaran pengirim dan penerima

Teknik Enkripsi sudah ada sejak zaman romawi kuno yang biasa digunakan untuk menjaga kerahasiaan pesan ketika berperang. Alat kriptografi untuk mengenkripsi data pertama yaitu “SCYTEL” yang digunakan oleh tentara Sparta. Alat ini menggunakan silinder yang dibalut dengan pita lalu ditulis dengan huruf. Kunci untuk menterjemahka tulisan yang telah dienkripsi dengan alat ini (istilahnya Dekripsi) yaitu  terletak pada diameter dari silindernya.

Selain itu ada lagi kriptografi atau teknik enkripsi yang dibuat oleh Julius Caesar yang sampai sekarang metode tersebut dinamakan “Caesar Cipher”. Metode ini menggunakan teknik pergeseran/substitusi huruf.

Pada zaman modern sekarang teknik enkripsi dibuat dengan komputasi yang menjadikan kode-kode tersebut lebih kuat dan aman. Sebagai contoh media social atau aplikasi pesan yang sekarang sedang popular seperti Whatsapp tak luput dari penggunaan enkripsi, bisa dibayangkan jika aplikasi tersebut tidak menggunakan pengaman data atau tidak di enkripsi, di khawatirkan pesan-pesan pribadi tersebut dengan mudahnya disadap orang yang tidak berhak menerima pesan tersebut. Contoh enkripsi yang digunakan pada aplikasi Whatsapp adalah End-to-End Encryption

Tulisan Lainnya
BERPIKIR KOMPUTASIONAL

Pengetahuan Dasar Computational Thinking Computational thinking (CT) yaitu sebuah kemampuan berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahn secara menueluruh, logis dan teratur. Kemampu

24/06/2021 10:18 - Oleh Yusep Karyono, ST - Dilihat 641 kali