Profil
P R O F I L
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TASIKMALAYA
A. Sejarah Berdirinya MTsN 1 Tasikmalaya
Kelahiran Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tasikmalaya tidak dapat dipisahkan dengan usaha gigihnya Umat Islam di Sukamanah Kab.Tasikmalaya dalam usaha mempertahankan, mengamalkan dan menyebarkan Agama Islam dengan baik dan sistimatik, yang diawali dari sistem pendidikan Pondok Pesantren yang sederhana.
Keberadaan MTsN tersebut erat kaitannya dengan cita-cita perjuangan KH.Zainal Musthafa yang menginginkan aqidah yang benar dan memajukan ajaran-ajaran Islam dimuka bumi khususnya di Tatar Sukapura Tasikmalaya, serta mencetak kader pemimpin yang ulama dan intelek atau intelek yang Islami.
Sejarah mencatat bahwa setelah terjadi Pemberontakan KH.Zainal Musthafa beserta Santri-santrinya terhadap jepang pada tanggal 25 Pebruari 1944.keberadaan Pondok Pesantren Sukamanah mengalami kemunduran.
Samapai pada tahun 1958 salah satu murid beliau KH. Wahab Muhsin mendirikan SMP Al-Ishlah yang berlokasi dikampung Raweuy Desa Sukarapih (dahulu Cimerah)
Pada tahun 1959 KH.Wahab Muhsin dan kolonel Syarif Hidayat mendirikan Yayasan yang bernama Yayasan Perguruan KH.Zainal Musthafa dengan Akta Notaris Moh.Syafei No.8 th. 1959, yang diperbaharui dengan Akta Notaris Tuti Asijati Abdul Gani.SH No.10.th 1988.
SMP Al-Ishlah berubah nama menjadi SMP KH.Zainal Musthafa Sukamanah. Pengembangan berikutnya pada tahun 1967 SMP KH.Zainal Musthafa berubah nama menjadi PGAP KH.Zainal Musthafa dan pada tahun 1968 PGAP KH. Zainal Musthafa sebagai penghargaan terhadap Pahlawan Nasional KH.Zainal Musthafa di Negerikan sehingga menjadi PGAN 4 th Sukamanah ( karena nama pahlawan tidak boleh dipakai nama SLTA.
Selanjutnya pada tahun 1969 PGAN 4 th menjadi PGAN 6 th Sukamanh, pada tahun 1978 menjadi MTsN Sukamanah dan PGAN Sukamanah dan pada tahun 1992 PGAN Sukamanah menjadi Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Sukamanah dengan SK Menteri Agama No.42. dan berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 212 Tahun 2015 MTsN Sukamanah merubah nama menjadi MTsN 1 Tasikmalaya
MTsN 1 Tasikmalaya sebagai lembaga pendidikan menengah terus berkiprah ikut ambil bagian dalam mendidik bangsa dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan sistem pendidikan Nasional.
B. Identitas Madrasah
Madrasah Tsamawiyah Negeri 1 Tasikmalaya terletak di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, tepatnya di lingkungan Pesantren Sukahideng dan Pesantren Sukamanah, Desa Sukarapih, Kecamatan Sukarame, kira-kira 25 km dari Kota Tasikmalaya,.
Berada pada lingkungan pesantren dengan santri dari berbagai daerah mewarnai madrasah dengan karekteristik murid yang heterogen. Pesantren Sukahideng dan Pesantren Sukamanah yang memiliki santri ribuan orang merupakan aset yang amat berpengaruh pada perkembangan madrasahbaik Negeri maupun Swasta.
Identitas MTsN 1 Tasikmalaya dapat digambarkan sebagai berikut:
Nama Sekolah | : | MTs Negeri 1 Tasikmalaya |
Tahun Berdiri dan Penegrian | : | 1978 |
Status | : | Negeri |
Nama Sekolah | : | MTs Negeri 1 Tasikmalaya |
Terakreditasi / Tahun | : | A ( Tahun 2015 ) |
Nomor Induk Madrasah | : | 121132060011 |
Nomor NPSN | : | 20278568 |
Jumlah Rombel | : | 39 Ruang |
Data Fisik
- Keadaan
Dalam sejarah berdirinya, MTsN 1 Tasikmalaya terdiri dari :
No |
U R A I A N |
L U A S. M2 |
Sertifikat |
1 |
Tanah Bangunan |
7,409 |
|
2 |
Tanah Untuk Bangunan |
2.720 |
|
3 |
Tanah Koson Kosong |
4.698 |
|
Jumlah |
|
8. 409 M2 |
7.609 |
- Luas Bangunan
No |
Nama Bangunan |
Luas m2 |
Keterangan |
1 |
Ruang Kelas |
1.764 |
|
2 |
Ruang Kepala |
53.82 |
|
3 |
Ruang Tata Usaha |
126 |
|
3 |
Ruang Guru |
189 |
|
3 |
Ruang Lab Komputer |
126 |
2. Lokal |
4 |
Ruang Lab. I P A |
63 |
|
5 |
Ruang Lab Bahasa |
63 |
|
6 |
Ruang Perpustakaan |
63 |
|
7 |
AULA dan Mesjid ( Putra ) |
108 |
2 Lantai |
9 |
Ruang BP / BK |
1 |
|
10 |
Ruang Osis |
21 |
|
11 |
Ruang PMR / UKS |
21 |
|
12 |
Ruang Kantor |
126 |
|
13 |
WC Siswa / 20 Unit |
60 |
|
- Jumlah ruang belajar
Ruang belajar tersedia sebanyak , 39 lokal dengan kondisi baik
- Perpustakaan
Perpustakaan terdiri dari ruang buku
- Laboratorium
No |
Nama Laboratorium |
Banyaknya |
Keterangan |
1 |
Labolatorium IPA |
1 |
|
2 |
Labolatorium Bahasa |
1 |
|
3 |
Labolatorium Komputer |
1 |
2 Lokal |
- Sarana Olah Raga
No |
Nama |
Banyaknya |
Keterangan |
1 |
Lapangan Bola Voly |
1 |
|
2 |
Lapangan Basket |
1 |
|
3 |
Lapangan Tenis meja |
3 |
|
4 |
Lapangan Putsal |
1 |
|
5 |
Lapangan Bulu tangkis |
2 |
|
- Data Tenaga Pendidik dan Kependidikan
- Tenaga Pendidik
No |
Mata Pelajaran |
Jumlah |
Pendidikan |
Keterangan |
1 |
Bahasa Arab |
5 |
S1 / S.2 |
|
2 |
Bahasa Indonesia |
5 |
S1 / S.2 |
|
3 |
Bahasa Inggris |
5 |
S1 |
|
4 |
Bahasa Daerah |
2 |
S1 |
|
5 |
Matematika |
6 |
S1 |
|
6 |
I P A |
6 |
S1 |
|
7 |
I P S |
4 |
S1 / S.2 |
|
8 |
P K n |
7 |
S1 / S.2 |
|
9 |
Fiqih |
5 |
S1 |
|
10 |
Qur ‘An Hadits |
3 |
S1 |
|
11 |
Aqidah Akhlak |
6 |
S1 |
|
12 |
B T Q |
2 |
S1 |
|
13 |
Tahfidz Qur ‘An |
1 |
S1 |
|
14 |
S K I |
2 |
S1 |
|
14 |
Kesenian / Prakarya |
3 |
S1 |
|
15 |
Penjas Orkes |
4 |
S1 |
|
16 |
T I K/INFORMATIKA |
2 |
S1 |
|
17 |
Bimbingan Konseling / BK |
1 |
S.2 |
|
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI, TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
Halaman Lainnya
Visi dan Misi
VISI BERAKHLAKUL KARIMAH, UNGGUL DALAM PRESTASI, TANGGUH DALAM KOMPETiSI SERTA TERAMPIL DAN MANDIRI BERDASARKAN IPTEK MISI Memperkuat penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran